Cara Menyemen Lantai Yang Benar

Cara Menyemen Lantai Yang Benarartikel cara plester lantai, cara menyemen halaman rumah, cara mengkilapkan lantai plester, cara menyemen lantai tanah, tips membuat plesteran lantai, cara aci lantai, acian lantai mengkilap, cara mengaci lantai


Membuat lantai semen memang tampaknya mudah, tapi bila Anda ingin mengekspos lantai semen maka pembuatan lantai semen harus hati-hati. Pembuatan lantai acian yang asal-asalan mengakibatkan lantai tidak dapat mengkilap dengan sempurna. Diperlukan kontrol yang ketat agar tukang tidak bekerja sekenanya.

Berikut ini adalah cara menyemen lantai yang benar agar dapat mengkilap sempurna:

Pemadatan Tanah

Tanah dipadatkan menggunakan mesin stamper. Bila tanah sudah padat, kemudian lapisi dengan 5cm pasir

Pembetonan Lantai

Tanah yang sudah dipadatkan kemudian dibeton. Pembetonan dengan besi tulang wiremesh M5 satu lapis. Campuran beton dengan menggunakan semen portland: pasir dan batu split. Tebal semen beton ini sekitar 8 cm.

Plesteran Semen

Setelah beton cukup kering, kurang lebih 1 hari, kemudian lakukan plesteran. Plesteran dengan komposisi 1 semen 3 pasir. Gunakan kawat ayam agar plesteran tidak pecah dan berubah bentuk. Pastikan permukaan plesteran flat, tidak bergelombang.

Acian Semen

Setelah plesteran setengah kering, yaitu tidak rusak bila diinjak. Kemudian lakukan acian semen.

Syarat Acian Semen Yang Baik:

  1. Harus flat
  2. Menggunakan hardener
  3. Tebal acian minimal 2mm

Untuk menghasilkan lantai semen expose yang baik maka ketiga persyaratan tersebut harus dipenuhi.

Saat ini biaya poles lantai semen cukup mahal, yaitu sekitar Rp. 70.000,- per meter persegi. Jadi pastikan Anda memenuhi ketiga persyaratan tersebut. Jangan sampai membuang uang karena harus kerja dua kali.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *